Jumat, 10 November 2023

MENGINTIP TEKNIK DAN ALAT YANG DIGUNAKAN DALAM PEMBUATAN PRODUK MOTIF INLAY

 Mengintip Teknik dan Alat yang Digunakan dalam Pembuatan Produk Motif Inlay

Mengintip Teknik Dan Alat - Pembuatan Produk Motif Inlay dari marmer adalah salah satu teknik pengolahan marmer yang cukup populer di dunia industri kreatif. Proses pembuatannya melibatkan kombinasi antara teknik tukang batu dan seni lukis, sehingga menghasilkan produk yang memiliki nilai seni dan estetika yang tinggi. Produsen inlay biasanya menggunakan beberapa teknik dan alat untuk membuat produk motif inlay dari marmer yang berkualitas tinggi. Pada artikel ini, kami akan membahas teknik dan alat apa saja yang sering digunakan dalam pembuatan produk motif inlay dari marmer.Salah satu produsen terkemuka yang menghasilkan motif inlay marmer berkualitas tinggi adalah BASTA Marmer Tulungagung. Artikel ini akan membahas secara mendalam produk motif inlay marmer Katolik beserta elemen tambahan seperti mimbar baca dan mimbar pastore yang ditawarkan oleh BASTA Marmer Tulungagung.

Baca Artikel Serupa: Kisah Dibalik Keunikan Dan Daya Tarik Produk Motif Inlay

Produk Motif Inlay
Produk Motif Inlay

 

Tulungagung merupakan salah satu daerah yang terkenal dengan pusat industri batu mermer terbesar di Indonesia. Banyak pengrajin marmer yang terkenal di daerah ini, salah satunya UD. Bintang Antik Sejahtera yang merupakan pengrajin marmer online yang terpercaya sampai dengan saat ini. Usaha marmer ini sudah berdiri sejak tahun 1999 yang lalu, dan ditahun 2009 kami mulai memasarkan secara oline untuk menjual segala produk-produk marmer baik berupa lantai dan dinding maupun berupa kerajinan-kerajinan marmer dan onix lainnya.Sebelum masuk ke teknik dan alat yang digunakan dalam pembuatan inlay marmer, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu apa itu produk motif inlay dari marmer. Sebuah Pembuatan Produk Motif Inlay biasanya dibuat dengan mengebor lubang-lubang pada permukaan batu marmer, dan kemudian mengisi lubang-lubang tersebut dengan bahan yang berbeda seperti batu granit, bedak, atau tembaga. Setelah itu, permukaan batu akan dipoles dan dipoles kembali untuk menghasilkan produk inlay yang berkualitas tinggi.

Teknik Pembuatan Produk Motif Inlay

Pembuatan Produk Motif Inlay yang digunakan dalam pembuatan inlay biasanya memerlukan beberapa alat khusus. Langkah pertama dalam pembuatan inlay adalah menempatkan marmer pada meja kerja dan mengamankannya dengan klem. Setelah itu, pengrajin mengukir bagian permukaan marmer sesuai dengan desain yang telah dipilih menggunakan pisau tajam atau bor kecil. Kemudian, pengrajin mulai membentuk dan memotong bahan lain seperti batu atau tembaga dan memasukkannya ke dalam lubang kecil yang telah dibuat. Hal ini dilakukan sambil memperhatikan tingkat tekanan dan kehalusan bahan agar inlay nantinya dapat terlihat sempurna.

 

Produk Motif Inlay
Produk Motif Inlay

Setelah proses ini selesai, pengrajin akan memoles permukaan marmer secara hati-hati untuk menghilangkan bekas-bekas pengukiran dan membuat permukaan licin dan mulus. Ini dilakukan dengan menggunakan bahan abrasif seperti abrasive pads, diamond polishing pads, atau kertas amplas yang digunakan untuk menggosok permukaan. Setelah permukaan menjadi halus dan mulus, pengrajin akan memolesnya kembali untuk menghilangkan bekas-bekas penggosokan dan meningkatkan kecerahan inlay secara keseluruhan.

Dalam proses Pembuatan Produk Motif Inlay ini, pengrajin biasanya menggunakan beberapa alat khusus seperti bor, pisau, mesin pengukir, dan bahan abrasif.

Alat yang sering digunakan dalam Pembuatan Produk Motif Inlay dari marmer:

Pisau Tajam

Pisau tajam merupakan salah satu alat utama yang sering digunakan dalam pembuatan produk motif inlay dari marmer. Pengrajin memerlukan pisau yang tajam untuk mengukir bagian permukaan marmer agar dapat diisi dengan bahan lain. Bahan ini biasanya terbuat dari logam seperti tembaga atau kuningan yang berguna untuk membentuk inlay.

Bor atau Mesin Pengukir

Bor atau mesin pengukir adalah alat umum yang digunakan dalam pembuatan produk motif inlay dari marmer. Mesin ini digunakan untuk mengebor lubang-lubang kecil pada permukaan marmer yang akan diisi dengan bahan inlay. Bor yang digunakan dalam pembuatan inlay biasanya memiliki ukuran yang kecil dan kapasitas RPM yang lebih rendah agar bisa menghasilkan lubang yang akurat tanpa merusak permukaan marmer.

 

Produk Motif Inlay
Produk Motif Inlay

Abrasive Pads atau Diamond Polishing Pads

Abrasive pads atau diamond polishing pads adalah bahan grinding yang digunakan untuk menggosok permukaan marmer yang kemudian akan diisi dengan inlay. Meskipun sangat halus, bahan ini sangat efektif dalam membantu menghilangkan bekas-bekas pengukiran pada permukaan dan membuat permukaan halus dan mulus. Bahan ini juga membantu untuk meningkatkan kecerahan inlay secara keseluruhan.

Kertas Amplas

Kertas amplas digunakan untuk mengecilkan partikel abrasi pada permukaan batu inlay ataupun permukaan marmer. Tujuannya adalah untuk memastikan inlay terlihat halus dan mulus tanpa bekas-bekas pengukiran atau goresan pada marmer. Kertas amplas yang digunakan biasanya memiliki level kasar, medium dan halus.

 

Produk Motif Inlay
Produk Motif Inlay

Tentang Produk Motif Inlay

Dari sisi teknik perajin, pengrajin harus memiliki keterampilan dan pengalaman untuk menghasilkan produk inlay marmer yang bagus. Oleh sebab itu, memilih pengrajin yang berpengalaman dalam Pembuatan Produk Motif Inlay misalnya, menjadi sangat penting ketika anda ingin membuat produk inlay dari marmer. Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan mulai dari kemampuan dalam mengukir marmer, ketajaman alat, hingga kehalusan grinding yang diaplikasikan pada permukaan inlay. Setelah berhasil menghasilkan inlay dengan design yang unik dan tampak indah, produk ini kemungkinan besar akan mengalami peningkatan nilai jual karena akan menjadi produk dengan nilai seni tinggi yang diapresiasi banyak konsumen maupun pengulas.

Pembuatan Produk Motif Inlay dari marmer adalah seni yang menggabungkan teknik tukang batu dan seni lukis. Proses pembuatannya meliputi beberapa teknik dan memerlukan beberapa alat yang khusus. Dalam proses ini, pengrajin menggunakan pisau yang tajam, bor, mesin pengukir, dan bahan abrasi seperti abrasive pads, diamond polishing pads, atau kertas amplas. Dengan memilih pengrajin yang berpengalaman serta menghasilkan inlay dengan design yang unik, maka produk motif inlay dari marmer menjadi incaran banyak konsumen karena memiliki nilai seni dan estetika yang tinggi.

Produk Motif Inlay
Produk Motif Inlay

Baca Artikel Lain : Keindahan dan Keunikan Produk Kerajinan Nisan Batu Kali Kabupaten Tulungagung

Jika anda berkenan membeli atau menanyakan informasi lebih lanjut mengenai produk ini, anda bisa langsung menghubungi kontak person nomor Customer Service dari kami yang sudah tertera di bawah ini. Dan jika anda merasa kurang puas membeli secara online dan anda ingin melihat secara langsung hasil produksi kami, tentu sangat bisa. Anda dapat berkunjung langsung ke gallery yang berada di alamat Jl. Kanigoro Gg 4 no 35 Blumbang, Kecamatan Campurdarat, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Jangan sampai salah, hanya di Bintang Antik Sejahtera, anda mendapatkan produk dan pelayanan terbaik dan memuaskan. Dan jangan lewatkan promo dan diskon di setiap minggunya. Terimakasih....


Tags :


BAGUS DWI
(WA) 081217401997 081217401997
Email : bastamarmer252@gmail.com
Jl. Kanigoro Gg 4 No. 35, Blumbang, Ds. Campurdarat, Kec. Campurdarat, Tulungagung, Jawa Timur 66272.